Perkembangan dalam ilmu biologi sering disandingkan dengan istilah
pertumbuhan. Perkembangan ditengarai sebagai proses pendewasaan, atau sebagai
proses pemantangan fungsi. Pertumbuhan adalah perubahan bentuk yang
irreversible (tak dapat balik). Perkembangan bukan merupakan proses
irreversible, tetapi untuk menyebutnya reversible (dapat balik) diperlukan
pengkajian.
Perkembangan dapat terjadi pada makhluk hidup maupun benda tak
hidup. Perkembangan tumbuhan berbunga dari biji hingga mampu menghasilkan biji
sendiri termasuk sebagai perkembangan. Perkembangan tidak muncul dan terjadi
tanpa sebab atau akibat. Perkembangan tidak tiba-tiba muncul dan terjadi.
Perkembangan yang dilakukan tentu saja bertahap-tahap hingga tercapai tujuan
dari perkembangan itu, hingga sampai pada tempat yang semestinya.
Suatu usaha rental computer tidak tiba-tiba sukses dan membuat
cabang dimana-mana. Dalam kurun waktu yang mungkin bukan sebentar, segala
pencapaian dari perkembangan tersebut diperoleh. Berawal dari modal yang kecil
mungkin,s hingga hanya mampu memiliki beberapa PC dan printer serta baru bias
menerima sedikit pekerjaan dari para user. Pemilik yang kemudian berupaya
menabung dan sedikit demi sedikit membeli alat-alat lain misalnya mesin
fotokopi dan print, sehingga bias mengembangkan fungsinya lebih dari sekedar
rental computer. Lama-kelamaan hingga pemilik rental itu mampu mendirikan
cabang-cabang rental yang lain di daerah lain.
Perkembangan dari segi biologi juga disebutkan sebagai diferensiasi
dan spesialisasi. Diferensiasi dan spesialisasi ini dapat dibawa menuju
perubahan struktur untuk menunjang fungsi.
Perkembangan dapat terjadi di luar diri manusia. Seseorang yang
berumula memuliai pendidikan dari taman kanak-kanak, kemudian sekolah dasar,
dan berlanjut hingga sekolah menengah atas dapat dikatakan sebagai perkembangan
keilmuan dari manusia tersebut. Semakin ia memiliki pengetahuan, semakin meningkat
fungsinya dalam keluarga, sekolah,
masyarakat, lingkungan, dsb. Semisal seorang lulusan SD mampu memperoleh
pekerjaan di lingkup desa, maka seorang lulusan SMA mampu merambah pekerjaan
hingga lingkup kabupaten.
Perkembangan dapat dipantau. Pemantauan yang terus-menerus mampu
meningkatkan kualitas dari yang diamati. Perkembangan seperti ini apabila
terjadi dalam dunia pendidikan dapat dilaksanakan oleh semua pihak. kepala
sekolah dapat memantau perkembangan guru-gurunya. Guru dapat memantau
perkembangan siswanya.
Semakin tinggi pendidikan seseorang, semakin banyak pengetahuan
yang dimiliki. Pengetahuan ini merupakan isi dan wadahnya adalah diri kita. Semakin
besar wadah maka akan memuat isi lebih banyak.
Seorang gadis kecil, nantinya akan berkembang menjadi remaja, kemudia wanita. Dalam
perkembangannya, fungsi serta posisinya berubah. Perkembangan akan terus
terjadi hingga manusia meninggal kelak. Siap atau tidak siap, setiap manusia
pasti akan mengalami perkembangan. Oleh karena itu, dalam menghadpi perkembangan
hendaklah manusia bersikap dan bertindak bijak.
Pertanyaan:
Bagaimana
kita mengetahui batas-batas dari wadah untuk isi pengetahuan kita?#27 november 2012
Komentar
Posting Komentar